13/09/11

Keuntungan Mengkonsumsi Protein

Protein adalah bahan bangunan baku bagi tubuh manusia. Setiap tahun tubuh Anda menciptakan sekitar 98% dari sel-sel baru dan sel-sel baru ini datang dari makanan yang kita makan, terutama makanan yang kaya protein. Protein adalah bahan konstruksi baku aktual untuk sel-sel tubuh seperti batu bata adalah untuk membangun. Struktur tubuh yang terbuat dari protein termasuk kulit, rambut, kuku, tulang, dan jaringan ikat, otot.

Dalam diet protein tinggi, makanan Anda akan menjadi lengkap terutama protein dan kemudian karbohidrat dan lemak. Secara singkat, diet protein tinggi yang lengkap dapat ditemukan dalam makanan yang mengandung kombinasi yang seimbang dari semua esensial dan nonesensial asam amino dalam jumlah tepat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan.
Protein dapat ditemukan dalam sayuran, kacang-kacangan, polong-polongan, dan biji-bijian. Namun, protein dalam makanan tersebut tidak dianggap “lengkap” karena kekurangan satu atau lebih asam amino esensial. Protein yang lengkap adalah mereka yang berasal dari sumber hewan seperti telur, susu dan daging.


Berikut daftar protein yang lengkap yang digunakan dalam rencana diet protein tinggi :
- Dada Ayam
- Dada Kalkun
- Ikan
- Kerang
- Telur (banyak putih telur, kuning digunakan terbatas)
- Daging merah tanpa lemak (top bulat, ramping sirloin, sisi)
- Tanpa lemak atau produk susu rendah lemak
- Susu, telur, atau whey protein berbasis serbuk.


Untuk jangka panjang rencana diet protein tinggi yang tidak ideal untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Diet baseline 50-55% karbohidrat, 30% protein dan 15-20% lemak yang tanpa keraguan yang paling sehat, paling seimbang untuk makan, dan kebanyakan orang akan kehilangan lemak pada rasio ini hanya dengan memastikan kalori mereka berasal dari baik makanan. Sebagai jangka pendek program penurunan lemak tidak ada pertanyaan yang makan lebih banyak protein dan sedikit karbohidrat memudahkan bagi sebagian orang untuk kehilangan lemak tubuh.

Diet protein tinggi yang terdiri dari karbohidrat cukup rendah kalori asupan dan begitu juga rendah. Hasilnya akan kehilangan beberapa otot sehingga untuk mengimbangi penurunan karbohidrat dan menjaga kalori di atas “tingkat kelaparan” asupan protein perlu ditingkatkan.

Sementara kehilangan otot menangkis diet protein tinggi juga akan mempercepat proses pembakaran lemak. Protein mempercepat metabolisme Anda karena tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk mencerna, mengolah, dan memanfaatkan nutrisi ini dibandingkan dengan lemak atau karbohidrat. Efek protein ini adalah salah satu alasan bahwa diet protein yang lebih tinggi lebih efektif untuk kehilangan lemak daripada yang tinggi lemak atau karbohidrat tinggi. Terlalu banyak dari setiap jenis makanan dapat disimpan sebagai lemak tubuh, tetapi protein kecil kemungkinannya untuk dikonversi menjadi lemak daripada gizi lainnya.

Bila menggunakan rencana diet protein tinggi anda perlu minum lebih banyak air dari biasanya. Metabolisme protein membutuhkan lebih banyak air dari lemak atau karbohidrat, jadi sangat penting untuk mengkonsumsi air tambahan jika Anda meningkatkan protein. Rekomendasi standar air hidrasi ulang adalah 8 gelas sehari jadi gunakan itu sebagai panduan dan pastikan Anda minum lebih dari itu.

Jadi, secara umum, sepanjang tidak berlebihan asupan protein protein tinggi, rendah atau sedang karbohidrat adalah awal yang baik sebagai program penurunan lemak sementara. Program gizi harus bersepeda seperti program pelatihan. Jadi setelah satu atau dua minggu pada diet protein tinggi Anda akan beralih ke yang lebih seimbang yang berisi berbagai jenis makanan, dengan lebih sedikit protein, karbohidrat dan lebih banyak buah-buahan, sayuran, karbohidrat kompleks dan gandum.


Banyak alasan mengapa kita harus menjaga kadar protein dalam tubuh, antara lain :

* Berbeda dengan karbohidrat, kandungan kalori dalam protein sangatlah rendah. Setiap 1 gram makanan berprotein, rata-rata mengandung 4 kalori. Menurut RDA (Recommended Dietary Allowance), banyaknya protein yang harus dikonsumsi wanita per hari adalah 46 gram lni menyumbang sebanyak 35% dari kebutuhan total kalori harian. Pilih sebutir telur rebus untuk sarapan, alih-alih 2 tangkup roti tawar putih.

* Umumnya makanan sumber protein juga mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral. Misalnya, vitamin B12, kalsium, zat besi, dan zink. Apablla kita tak mencukupi kebutuhan protein harian, bisa jadi kebutuhan gizi lainnya juga kurang. 

* Mereka yang mengonsumsi cukup protein, umumnya merasa kenyang lebih lama setiap kali selesai makan. Simpulan ini tertuang dalam terbitan American Journal of Physiology. Tambahkan sebutir telur atau seekor ikan tuna ke dalam roti lapis. Makanan yang tinggi protein ini akan menjaga rasa kenyang Iebih lama. Otomatis, membuat kita terhindar dari keinginan makan berlebihan. 
 


* Banyak orang mengalami penurunan massa otot, di kala program penurunan berat
badan mereka berhasil. Walhasil, komposisi tubuh pun tak seimbang. Ini bisa dihindari bila kita menerapkan pola diet tinggi protein, ditambah dengan olahraga yang rutin. Tubuh jadi lebih kencang, metabolisme tetap stabil. 




Keuntungan mengkonsumsi protein antara lain :
1. Sumber energi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan tubuh.
2. Pembentukan sel dan jaringan sekaligus dapat memperbaiki sel dan jaringan yang rusak.
3. Sebagai sintetis hormon, enzim dan antibodi.
4. Pengatur keseimbangan kadar asam basa dalam sel.



Semoga menambah wawasan kita semua tentang bagaimana hidup sehat dan tentang keuntungan mengkonsumsi protein.


source : biodrift 
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Keuntungan Mengkonsumsi Protein"

Posting Komentar

Tinggalkan pesan disini untuk berbagi cerita dengan yang lain, terima kasih