16/02/10

SBY curhat kepada TNI masalah Bailout Century

Curahan hati alias curhat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) soal bailout terhadap Bank Century pada Rapat Pimpinan TNI dianggap terlampau berlebihan.
“Saya kira itu terlalu berlebihan, TNI itu tidak berpolitik dan persoalan Century kini sedang ditangani secara politis, apa maksudnya cerita begitu,banyak hal yang bisa disampaikan di depan perwira tinggi TNI terutama yang menyangkut soal anggaran pertahanan, soal senjata, kesejahteraan prajurit dan semacamnya. “Bukan soal politik dibawa ke ranah TNI", kata pengamat politik UI, Boni Hargens.

Dalam pembukaan Rapat Pimpinan TNI di Cilangkap SBY mengungkapkan persoalan bailout Bank Century. Dia mengajak perwira tinggi TNI memahami situasi krisis global akhir 2008 yang mengancam stabilitas. ”Untuk memahami, kita harus melihat keadaan waktu itu seperti apa. Jangan membayangkan seperti Januari 2010, di mana situasi ekonomi internasional membaik saat pansus DPR bekerja,” paparnya. Hadir dalam pembukaan Rapim Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menhan Poernomo Yusgiantoro, Menkeu Sri Mulyani, Mensesneg Sudi Silalahi, Meneg BUMN Mustafa Abubakar dan Menristek Suharna Surapranata, seluruh Pati Mabes TNI, seluruh Pangdam, dll.

SBY juga mengatakan bahwa bailout itu merupakan kebijakan pemerintah yang tidak bisa dipersalahkan. “Kalau dipidanakan, maka tidak ada pejabat yang berani mengambil kebijakan,” ucap SBY.

Dalam kesempatan tersebut Presiden juga mengingatkan agar Pansus tidak menyimpang dari tujuan awal, yakni menjawab keraguan soal bailout Bank Century. “Harus jernih, kontekstual, lurus untuk mencari tahu seluk beluk dibentuknya kebijakan,” katanya.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 komentar: on "SBY curhat kepada TNI masalah Bailout Century"

Posting Komentar

Tinggalkan pesan disini untuk berbagi cerita dengan yang lain, terima kasih